Perjalanan sebuah Tesis: Keping Pertama

Catatan ini sengaja saya buat dan saya dedikasikan untuk seluruh mahasiswa pascasarjana, khususnya UNY yang sedang menyelesaikan penulisan tesis. Informasi yang saya tulis ini, mungkin saja pernah ditulis oleh orang lain. Tapi saya menulis ini langkah demi langkah yang saya lakukan dalam proses penyelesaian tesis menuju ujian. Yang saya tahu, ketika saya melakukan ini, betul-betul saya harua mencari, dan kadang harus bolak-balik. Sungguh melelahkan. Semoga tulisan ini dapat membantu dan memudahkan dalam melakukan hal serupa menuju ujian tesis.

Tidak semua orang dapat dengan mudah menjelaskan informasi yang sebetulnya mereka sudah pernah lakukan. Meskipun mereka tahu bahwa informasi tersebut sangat berguna bagi yang lain. Mungkin mereka enggan....atau...bahkan sudah lupa dengan apa yang sudah dilakukan karena begitu banyak yang harus dikerjakan. Tidak ada ruginya unuk berbagi tapi kalau sudah lupa, apa yang harus dibagi.... Ambil contoh saja tentang apa yang harus dikerjakan dan ke mana harus mengurus segala sesuatu terkait berkas tesis, seperti yang saya tulis, sebagai berikut:

1. Ketika tesismu sudah selesai ditulis dan sudah ditandatangani dosen pembimbing, maka selanjutnya yang harus dikerjakan adalah:
Catatan kecil: pada saat tandatangan dosen pembimbing ini, akan lebih baik bila lembar tandatangan langsung disiapkan rangkap 5 (1 untuk kita, 4 untuk persiapan menuju ujian. Kalau pun hanya disiapkan 1, berarti nanti harus diupayakan menjadi minimal 4, sebelum maju ujian)
2. Menemui Kaprodi untuk minta tandatangan. Setelah itu, silahkan Anda
3. Menyerahkan berkas tersebut ke meja petugas di lantai 2, depan lift, untuk proses pengajuan langkah selanjutnya yaitu: 
4.pengajuan reviewer. Pada tahap ini, setelah berkas diserahkan, Anda akan diminta untuk:
5. mengisi data reviewer secara online. Silahkan Anda menuju ke lantai 1, di sana ada 3 komputer yg disiapkan di lorong untuk keperluan pengisian data online. Tunggu 2-3x 24 jam kerja. Setelah itu, silahkan Anda
6. Kembali ke petugas di lantai 2 sesuai dg waktu yg ditentukan petugas, untuk mengambil berkas reviewer. Jangan lupa membawa hard copy abstrak berbahasa Indonesia dan Inggris dg format 2 spasi. Dari sini, Anda akan menerima berkas tesis Anda, lembar untuk reviewer tesis,dan lembar utk reviewer abstrak.
Selanjutnya:
7. Bawa berkas tesis dan lembar reviewer ke dosen yg namanya tercantum pada surat,dan bawa berkas abstrak dan lembar utk reviewer abstrak ke bagian pusat layanan bahasa.
Jangan bingung. Pusat layanan bahasa terletak di lantai 2 itu juga. Dari meja petugas. Silahkan Anda terus sampai mentok lalu belok ke kiri. Di sana akan ada pintu menuju ke bagian Pusat layanan bahasa. Ruang Pak Suhaini yg mengurusi review abstrak ada di ruang pertama sebelah kiri. Di mejanya ada nama Pak Suhaini. Versi hardcopy letakan saja di sana + kirim via email ke alamat email yg tertera di papan pengumuman di depan ruangan tersebut. Perhatikan hari apa Anda menyerahlan berkas, karena Pak Suhaini menggunakan 2 alamat email yang berbeda untuk hari pemasukan berkas yang berbeda. Tidak perlu ditunggu ya kawan. Letakkan saja. Pak Suhaini akan segera mengerjakannya. Setelah itu:
8. Silahkan kembali unuk mengambil berkas pada 1-2 hari berikutnya.
9. Ambil berkas abstrak di meja Pak Suhaini. Jangan lupa, pantau juga tesis yg diperiksa oleh dosen yang ditunjuk.
10. Kembali ke dosen pembimbing utk acc/ tandatangan revisi sesuai catatan revisi dr reviewer.
11. Kerjakan revisi sesuai catatan. Bila sudah selesai, silahkan mengurus surat bebas SPP yg dpt diperoleh di bagian keuangan. Jangan lupa membawa syarat yg diperlukan,masing2 1 lembar fotocopy:
a. Print out KRS yg ada makul tesis 
b. Abstrak yg ada paraf reviewer
c. Hasil dari reviewer tesis
d.  Bukti pembayaran SPP terakhir.
Bila sudah selesai:
12. Silahkan mengatur utk bertemu dengan direktur pasca.
Jangan lupa....mengirim wa ke Pak Marsigid selaku direktur sebelum menghadap utk minta tanda tangan.
Setelah ditandatangan Pak Marsigit,langkah selanjutnya adalah:
13. Kembali ke bagian akademik di lantai 1. Lewat loket depan lift, silahkan minta stempel.
Nach, pada saat ini lembar peesetujuan sudah harus dibuat rangkap 4. Selanjutnya bila sudah dapat stempel
14. Silahkan mempersiapkan naskah tesis rangkap 4, jilid merah soft cover tanpa di vinil ya.
Kemudian:

15. Bawa berkas tersebut dengan menyertakan:
a. Bukti bebas SPP asli
b. Bukti hasil reviewer asli
c. Abstrak yg sdh diparaf reviewer
d. Form revisi abstrak
e. Fotocopy KHS
ke bagian akademik. 
16. Langsung saja masuk, tepat di samping pintu masuk,ada petugas khusus yg akan menerima berkas berkas yang kita bawa dan mencatat informasi daftar ujian.
Di meja ini kita akan diminta input data secara online (laptop disediakan, jd tinggal ketik). Kita akan menerima selembar kertas bukti pendaftaran ujian. Silahkan pulang. Simpan bukti pendaftaran itu baik2 ya....(bukan voucher makan gratis lho ya ). 😁
17. Tunggu informasi selanjutnya, sambil memulihkan tenaga...karena sampai pada tahap ini....kamu pasti kelelahan.😊
Sabar saja menunggu jadwal ujian....jangan lupa....sambil siapkan PPT. Sekedar informasi...saya.... menunggu sekitar 10 hari sampai menerima sms pemberitahuan untuk mengambil surat undangan ujian.
18. Setelah menerima sms, segeralah menyempatkan diri unuk mengambil surat tersebut di meja yang sama saat menyerahkan berkas. Di sana amplop sudah diaediakan,cari yang namamu, ambil, bawa pulang, jangan hilang...ingat.... Sudah pukuhan juta dikeluarkan untuk memperoleh selembar surat itu, jadi jangan sampai hilang,tapi gak perlu dipigura lho ya 😁.
20. Pastikan segala sesuatunya siap... Jangan lupa pesan sponsor di surat: untuk mengingatkan para penguji pada H-1. Tidak lucu khan kalau kita siap di ruang ujian, tapi sang penguji ternyata lupa dan sedang duduk di ruangan lain. 
21. Setelah ujian, jangan santai dulu...karena ujian bukan berarti tuntas. Masih banyak yang harus dikerjakan menuju Yudisium, misalnya revisi penulisan, pengesahan tesis oleh penguji, persiapan yudisium, hingga menuju wisuda. Perjalanan masih panjang kawan... 😘

Tapi posting terkait tahap-tahap persiapan ujian, tuntas sampai di sini.
Semoga bermanfaat..... selamat menempuh ujian.
Semoga segera lulus. Doa saya untuk semua yang masih berjuang.

Tulisan ini saya tulis sedikit demi sedikit sambil menjalaninya sejak 1 April 2019, hingga akhirnya dinyatakan pada pukul 15.12 wib melalui hasil rapat tertutup dewan(dosen) penguji.

Yogyakarta 30 April 2019

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Essay LPDP 2022

AYD girls squad

Raya kala