Bikin Tahu Sendiri Yuk!

Kalian pasti tahu deh sama salah satu makanan yang mungkin sering tersaji di meja. Yup, Tahu... terkadang, tahu yang kumakan terasa aneh, terlalu asam, ataupun berwarna cukup “unik”. Dengan ramainya kampanye makanan sehat, tentu aku ingin sekali belajar membuat tahu...
Apa kalian ingin tahu cara membuatnya???
Oke, kalian harus menyiapkan:

 Kedelai, (secukupnya) rendam semalam sebelum membuat tahu
 Air
 Kain untuk menyaring
 Ekstrak garam/cuka
 Panci
 Gilingan
 Baskom
 Wadah berlubang (misal besek)
 Benda yang berbentuk serupa dari wadah sebelumnya, namun lebih kecil (untuk memadatkan tahu)
 Wadah 2 (untuk menampung air)
 Pemberat

Nah, berikut langkah-langkahnya:
一. Setelah kedelainya direndam, pisahkan “baju” kedelai dari kedelainya
二. Selesai melepas “baju”nya, giling menggunakan gilingan, semisal blender, dicampur dengan air. Airnya jangan banyak-banyak ya, secukupnya saja, karena nanti memperlama proses pembekuan tahunya.
三. Setiap selesai memblender kedelainya, tuang kedalam baskom dengan saringan . Hati-hati, berat... jangan sampai ampasnya masuk lagi ya 
四. Lalu setelah memblender semua kedelainya (sudah jadi sari kedelai), rebus dengan panci sampai mendidih. Selama merebus, harus diaduk terus. Bila sudah mendidih, matikan kompor, dan aduk terus sampai suam-suam kuku.
五. Bila sudah suam kuku, bisa ditambah ekstrak garam/cuka (garam yang dilarutkan dengan sedikit air). Jangan terlalu sedikit, nanti gagal, kalau terlalu banyak, rasanya bisa pahit. Kalau terlalu sedikit, masih bisa ditambah lagi larutannya kok.
六. Setelah menambah larutannya, biarkan sejenak, lama-kelamaan, mulai terlihat gumpalan-gumpalan protein yang halus.
七. Siapkan wadah 1 dalam wadah 2, mungkin wadah 1 perlu diberi alas yang cukup tinggi, sehingga wadah 1 tidak terkena air lagi. Lalu, tuang sari kedelainya, nanti, yang menggumpal akan tertahan di wadah 1, sedangkan airnya akan turun ke wadah 2.
八. Setelah semua airnya turun, sudah bisa ditutup menggunakan tutup tadi. Kalau tutupnya sudah berat, tidak perlu ditambah pemberat lagi.
九. Setelah beberapa menit, tahu akan membeku dan siap dimakan!

Selamat Makan! Itadakimasu! Bon Appetit!

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Essay LPDP 2022

AYD girls squad

Raya kala